Sunday, May 1, 2016

[Review: Novel] Apa pun Selain Hujan

Judul: Apa pun Selain Hujan
Penulis: Orizuka
Penerbit: Gagas Media


Akhirnya novel baru dari Kak Orizuka~!

Kali ini novelnya bercerita tentang seorang pemuda bernama Wira yang mengalami PTSD setelah sebuah kejadian buruk di masa SMAnya. Kejadian itu membuatnya meninggalkan taekwondo, olahraga yang ia gemari sejak kecil. Juga membuatnya takut pada hujan.

Selama ini Wira menutup dirinya karena satu-satunya orang yang menurutnya bisa memahami perasaannya, Nadine, juga tak bisa menghiburnya. Wira melanjutkan kuliah di Malang, tinggal dengan Neneknya, dan menjadi pribadi yang tertutup.

Tetapi pertemuannya dengan seorang taekwondoin berisik bernama Kayla mengubah hidupnya. Kayla terus menerus membuatnya teringat pada masa lalunya, meski awalnya gadis itu tidak sengaja. Bisakah Wira melewati PTSD nya? Silakan baca sendiri novelnya. Hehehe....

Mengenai kesan tentang novel ini, feels yang saya dapet saat baca novel ini mirip dengan feels saat baca The Truth About Forever. Ya, ketebak lah ya ini cerita yang seperti apa? Hahaha.... Yang jelas, salah satu jenis cerita yang saya suka. :p

Karakternya juga saya suka. Saya suka Wira, yang berhati lembut dan agak lembek, tapi nggak kecewek-cewekan. Dan menurut saya, karakter Wira ini unik sebagai tokoh utama. Jarang banget gitu kayaknya ada tokoh utama yang modelnya cowok berhati lembut-lembek begini. Suka Kayla yang kocak dan seenaknya. Suka temen-temen sekelas Wira yang asli kocak-kocak banget.

Pembaca juga diajak merasakan naik-turunnya emosi Wira. Saat dia mulai bangkit lagi, dan terpuruk lagi. Terasa banget dan nggak dibuat-buat.

Kalau ada yang saya nggak suka...hm... apa ya? Mungkin adegan ulang tahun Kayla. Entah, saya merasa Kayla maksa banget di situ. Tapi selain itu, rasanya nggak ada masalah.

Agak menyayangkan karakter Nadine kurang tergali, tapi emang peran dia hanya segitu sih jadi wajar.

Saya kasih 4 dari 5 bintang deh buat novel ini~

2 comments: