Saturday, April 30, 2016

[Review: Novel] Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea

*foto cover menyusul*
Judul : Jilbab Traveler Love Sparks in Korea
Penulis : Asma Nadia
Penerbit : Asma Nadia Publishing House
Tahun Terbit : 2015
Tebal Buku : vii+380 hlm.; 20.5 cm x 14 cm
ISBN : 978-602-9055-39-9

Menyicil janji saya untuk menulis review buku-buku yang sudah saya baca, kali ini saya mau menulis review novel lain dari Bunda Asma Nadia.

Novel ini bercerita tentang Rania, seorang penulis sekaligus 'jilbab traveler', alias perempuan berjilbab yang suka travel. Pada dasarnya, jilbab traveler adalah istilah yang sering digunakan Bunda Asma, bahkan sudah terbit bukunya sendiri yang bentuknya non fiksi. Saya lihat, Love Sparks in Korea ini adalah novel yang terbit karena Bunda Asma ingin membuat film mengenai jilbab traveler. Karena itu, tidak heran kalau kisah Rania sebagian besar merupakan kisah nyata Bunda Asma.

Pembaca yang sudah pernah mendengar atau membaca kisah tentang perjuangan Bunda Asma yang sakit-sakitan semasa kecil pasti langsung bisa menebak bahwa kisah Rania kecil adalah kisah tentang Bunda Asma. Perjalanan-perjalanan yang dilakukan Rania juga adalah perjalanan yang pernah dilakukan Bunda Asma, termasuk acara pelatihan penulis di Korea Selatan. Tentunya dengan berbagai bumbu tambahan.

Mengenai cerita utamanya, prolog yang disodorkan penulis membuat pembaca langsung bisa mengetahui ke mana arah cerita. Jadi, bisa dikatakan sejak awal pembaca langsung bisa menebak akhirnya.

Sebetulnya menurut saya, sebagian besar novel Bunda Asma memang begitu: mudah ditebak akhirnya. Tetapi secara ajaib tulisan Bunda Asma selalu bisa membuat saya betah membaca sampai akhir walaupun sudah bisa ditebak akhirnya.

Cerita Love Spark in Korea pun sama. Meski bisa menebak endingnya, saya betah membacanya sampai akhir.

Ada beberapa twist di akhir yang membuat cerita menjadi 'di luar dugaan', tetapi tetap dengan ending yang sudah terbayangkan.

Overall, saya tetap menikmati tulisan-tulisan Bunda Asma.

No comments:

Post a Comment