Sunday, June 28, 2015

'Break' di Bulan Ramadhan

Dulu Ru suka bertanya-tanya, kenapa saat menjelang Ramadhan, pengajian malah 'ditutup'? Pasti deh menjelang Ramadhan tuh pada ngadain 'penutupan pengajian'. Biasanya sampai setelah Lebaran. Aneh kan? Bukannya bulan Ramadhan harusnya lebih banyak ngaji?

Terus juga heran sama wacana 'libur sebulan selama Lebaran' seperti yang dicanangkan mantan Presiden kita dulu, almarhum Gusdur. Yaa, waktu itu sih selaku anak sekolahan saya seneng-seneng aja kalo dibilang mau libur sebulan. Cuma heran. Semua jadi memberi kesan kalau umat Islam lemah banget di bulan Ramadhan, sampai pake liburan segala.

Bukankah Rasulullah SAW banyak mengalami perang juga di bulan puasa? Kenapa kita kesannya lemah?

Tapi, ternyata oh ternyata, bukan begitu ceritanya, Saudara-saudara. Para sahabat dulu rupanya juga terbiasa mengambil 'break' saat bulan Ramadhan.

Kok? Lemes gitu ya?

Eits! Jangan salah paham! Alasannya ternyata beda jauuuuh banget sama yang kita (atau cuma saya?) pikirin. Mereka mengambil 'break' di bulan Ramadhan bukan karena lemes jadi males kerja, tapi karena ingin memanfaatkan bulan Ramadhan sebaik-baiknya.

Bagi para sahabat dan ulama dulu, 11 bulan cukup untuk mengumpulkan bekal dunia, lalu sebulannya khusyuk mengumpulkan bekal akhirat. Makanya kebanyakan mereka libur kerja saat bulan Ramadhan, untuk mendekatkan diri pada Allah, memperbanyak ibadah dibandingkan bulan-bulan lainnya.

Para ulama pun begitu. 11 bulan berdakwah untuk mengajak orang-orang mendekatkan diri pada Allah SWT, jadi selama Ramadhan mereka ingin punya quality time sendiri. Hanya mereka dan Allah SWT. MasyaAllah. Ternyata begitu alasannya.

Kalau zaman sekarang entah apa pada masih paham kenapa harus ada break. Nggak cuma pada ikut-ikutan doang kan ya? Atau malah beralasan lemes?

Ada juga sih yang bilang, sayang banget kalo kajian diliburkan selama bulan Ramadhan. Soalnya kan kebanyakan orang sekarang justru balik ngajinya pas Ramadhan doang. Hm…. Ada betulnya juga sih. Tapi hak buat pada ulama dong kalau mereka ingin punya quality time sendiri dengan Allah SWT?

So, let's take a break! Eh, maksudnya, mari mendekatkan diri pada Allah SWT di bulan ini.

Yah, jujur aja kalau kerjaan saya mah ga ada libur khusus di bulan Ramadhan. Libur Lebaran-1 doang sama setelah lebaran. *sedih*

Tapi, no excuse! Mumpung bulan terbaik, semoga bisa jadi titik balik untuk kita supaya jadi lebih baik lagi. Aamiin. :)

No comments:

Post a Comment