Monday, March 3, 2014

Banyak Hal yang Harus Kusyukuri #2

Halo~

Ru udah nargetin mau nulis blog (yang banyak kalo perlu!) begitu kerjaan sambilan Ru beres. Penginnya sih kemarin beres, tapi ternyata kemarin beresnya mepet tengah malem. Itu pun ada yang udah Ru nyerah, Ru lewati saja. orz  Jadilah, baru hari ini Ru bisa nulis.

Sebetulnya, gara-gara masuk kantor, jadi ada hal lain yang pengin Ru tulis. Tapi nanti dulu deh. Ini dulu, yang udah Ru niatin dari awal.

Jadi, teman-teman, pas Ru ngecek blog, ternyata Ru emang belum pernah cerita tentang ini. Dan, emang sih, Ru sengaja nggak tulis di blog dulu karena Ru takut nggak bakal beres.

Cerita apa sih Ru?



Ehem. Sebetulnya, bertambah lagi hal yang perlu Ru syukuri. Salah satu mimpi Ru tercapai, yaitu: jadi penerjemah novel!!! *tebar-terbar confetti*

Yep, setelah mengikuti tes penerjemahan dari Penerbit Haru beberapa bulan yang lalu, Ru akhirnya dapet tawaran terjemah novel. Dan akhirnya, Ru berhasil menyelesaikan terjemahan itu kemarin. Iyaay~~ Dengan begitu Ru bisa membuktikan kalau Ru emang bisa jadi penerjemah novel! Walaupun untuk sampai diterbitin masih ada proses editing dll sih.

Fiuuuh....

Sebenernya sih, nerjemah ini nggak bisa dibilang lancar-lancar aja. Molor jauh dari deadline (maaaaaaaf!). Sempet beberapa kali mikir apa nyerah aja? Tapi pikiran itu selalu Ru bantah dengan menyemangati diri.

"Mana, Ru? Katanya ini salah satu cita-citamu? Katanya mau nyoba jadi penerjemah novel? Mana buktinya? Mau nyerah di tengah jalan gini? Nggak mau ngeliat namamu terpampang di buku dengan titel 'penerjemah'? Kalau kamu berhenti, kesempatan mungkin nggak bakal dateng lagi!"

Dan voila! Akhirnya Ru berhasil. Walau sempet mabok kanji. Hahahaha....

Ini semua juga berkat teman-teman Ru yang suka Ru ganggu dengan WA atau gtalk, buat nanya arti dari kata-kata tertentu, atau bahasa Indonesia yang paling pas buat suatu kata Jepang yang suka abstrak. Yang paling sering sih Nana, Saa, & Zu. Haha... Sayang Akiko-neechan agak susah dihubungi akhir-akhir ini, jadinya nggak bisa nanya banyak. Lagian ke Neechan cuma bisa minta dijelasin arti suatu kata sih, bukan terjemahannya ke bahasa Indonesia. Hehehe....

Yah, dengan begini, dimulailah perjalanan Ru sebagai penerjemah. (YES!) Tadinya mikir setelah ini beres, Ru mau ambil terjemah komik. Tapi ternyata dapet tawaran lagi (alhamdulillah). Sempet mikir pengin tetep ikut terjemah komik, tapi.... Sepertinya untuk sekarang ini mustahil.

Jujur sejujur-jujurnya, Ru pengin banget berhenti jadi pegawai kantoran. Dari dulu kan Ru pengin kerja di penerbitan.... Tapi, tetep, semakin dewasa, orang dituntut buat nggak cuma bermimpi, tapi juga melihat kenyataan. Bukan nggak bisa sih Ru kerja sebagai penerjemah aja, tapi belum bisa. Soalnya masih ada syarat dari ortu sih. Lagian, manajemen waktu Ru masih payah banget. Ru belajar manage waktu dulu deh.

Oh ya, tentang hal yang harus Ru syukuri, selain tentang penerjemahan ini, Ru juga harus bersyukur karena menang giveaway yang diadain Kak Astrid kemarin. Jadinya Ru bisa dapet buku Artemis Fowl 8 yang udah lama Ru incer deh. Yaaay~ (Makasih Kak Astrid! *menunggu bingkisan datang*)

Dan sebetulnya sih, Ru juga bersyukur karena mulai membuka mata dengan giveaway-giveaway buku yang ternyata cukup banyak bertebaran di dunia maya. Karena giveaway itu juga, jadi bisa ngeliat orang-orang lain yang juga sama-sama gila buku kayak Ru (malah banyak yang lebih gila!). Dan rasanya bahagia gimanaaa gitu kalo liat postingan-postingan blog orang yang berbau buku. (mesti sering-sering blogwalking nih)

Kapan-kapan kalau ada rezeki pengin deh bikin giveaway juga. Sesekali jadi 'peri buku'. Hihihi....


PS. Pertanyaan serius: ada yang punya tips memanage waktu buat orang yang managing waktunya parah seperti Ru?

3 comments:

  1. Cb buat jadwal harian utk manage wkt nya (ditulis & ditempel dicermin), anggap aja itu sbg sop kehidupan.
    Eh btw, saya mau dong bukunya, komik whistle aja deh.
    Hehehe

    ReplyDelete
  2. Cb buat jadwal harian utk manage wkt nya (ditulis & ditempel dicermin), anggap aja itu sbg sop kehidupan.
    Eh btw, saya mau dong bukunya, komik whistle aja deh.
    Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikinin contohnya dong Pak Bos :p

      Delete