Monday, August 9, 2010

Sminggu lebih di SMA...

Dari kmaren2 udah pengen nulis tentang kesan-kesan PPL di SMA, tapi maless... Wkwkwk.. Akhirnya, tadi liat kembaran Ru nulis blog tentang kesan-kesannya juga, jadi pengen ikutan XD

Ehem.. Jadi, Ru mulai masuk PPL hari Kamis 2 minggu lalu. Waktu itu baru dikenalin ke kelas2 doang. Setelah itu, tiap hari Ru dkk mulai dateng ke skolah tiap hari, jam stengah 7.

Yang bikin males sih piket. Masalahnya, kerjaan piket cuma nyatet yang telat2, ngabsen guru yg dateng & siswa yg ga dateng, trus pencet bel. Sama ngisi jam kosong kalo ada guru yang ga masuk. Selain itu, bengong.. Apalagi dateng tiap hari kan kita nggak piket tiap hari tuh, ganti2an. Kalo yang lagi ga piket, lebih ga ada kerjaan lagi.. ==;

Pertama kali ngajar di kelas, hari Senin minggu lalu. Harusnya ngajar 90 menit, tapi karena ada upacara, jadi kepotong, cuma 45 menit. Akhirnya ngajarnya ngebut, untungnya anak2nya pada cepet tanggep, jadi keburu deh ngabisin materinya. Tapi karena cuma sebentar, jadi bener2 ngajar doang, ga sempet merhatiin gimana anak2nya sama sekali (ternyata pas Ru masuk lagi ngisi jam kosong, anak2nya ribut banget!! Mungkin pas 45 menit itu mereka blom bosen kali yah, ato masih pada ngantuk, jadinya pada diem aja. Wkwkwk...).

Hari Senin itu Ru dapet jatah 2 kelas: kelas X-4 yang di jam pertama itu, sama kelas XI-IA-2 di jam terakhir. Pas masuk ke kelas dua, karena lebih lama, jadi lebih bisa interaksi sama anak2nya. Pada konyol2 sih. Berisik, tapi berisiknya konyol, bukannya rese. Jadi asik aja..

Terus.. pas hari Senin itu Ru juga sempet masuk kelas X-2 buat ngisi jam kosong. Anak-anaknya juga seru2 banget! Tapi namanya jam kosong, ga bisa deh pada disuruh diem. Akhirnya Ru ajak ngobrol aja satu2. Tapi gitu deh, ngajak ngobrol yang di sini, yang di sana pada berisik. Untungnya mereka ada PR matematik, jadi banyak yang sibuk ngerjain. Wkwkwk...

Ada lagi pas hari Kamis. Ru disuruh ngisi kelas kosong lagi, kali ini kelas X-4 & X-3, pelajaran Bahasa Prancis. Ru masuk berdua sama salah satu senpai Ru yang PPL juga. Karena ada tugas dari Madame nya, anak2 jadi pada ngerjain. Tapi tetep aja kelas X-4 berisik banget! Ckckck... Di kelas X-4, sempet ada yang manggil Ru & senpai Ru itu Madame. Wkwkwk... Tapi akhirnya pada inget dan manggil senpai (ya, di sini kita dipanggil senpai, bukan sensei. XD ) Eh, pas di kelas X-3 kita bener2 dipanggil Madame dong! Wkwkwk... Terserah mereka lah..

Mereka banyak tanya2 gitu soal Bahasa Prancis! Untung masih sekedar perkenalan doang, dan Bahasa Prancis kan sedikit (dikit banget sih) mirip sama Bahasa Itali, jadinya Ru masih bisa ngira2 deh. Tapi ntah gimana tuh hasilnya yang nanya2 ama Ru. Wkwkwk...

Intinya, Ru baru bener2 ngajar 2 kelas doang, karena kemaren pas hari Kamis pulang cepet & Senin libur, jadi blom ngajar lagi. Selanjutnya sih Ru ngajar kelas X-2 (yay~~). Yang blom Ru kenal sih anak2 X-1, XI-IA-1, sama XII-IA-1 & 2. Semoga aja ngajar di sana nggak garing...

Ng, kalo dipikir2, Ru itu kan emang aga lemah kalo berhadapan sama orang, kecuali sama anak2 (mungkin karena Ru suka anak2). Jadinya yang jadi masalah buat Ru lebih ke ngadepin guru2 lainnya daripada ngadepin murid2. Ru juga agak khawatir sama murid kelas 3 sih. Soalnya, kalo kelas 1 & 2 yang Ru liat gayanya masih kayak bocah, jadinya Ru malah ngerasa nyaman. Kalo anak kelas 3 nya nggak tau deh gimana. Semoga banyak yang kayak bocah juga... (lho? XD )

Jadi teman2, doakan aku ya supaya PPL nya lancar! Hehe...

4 comments:

  1. enak banget baru ngajar sedikit... gw udah kayak kerja rodi TT;
    tapi lw disuru ngisi jam kosong ya?
    untung gw kaga XD mabok beneran kalo iya

    kebagian piket juga hr selasa doang, itu juga gantian berempat, hehe

    ReplyDelete
  2. aaaa... enaknya udh ngajar..
    suka dikasih prtanyaan aneh ga ruu???

    ReplyDelete
  3. Hwa...sudah PPL ya? *ngesot* entah nasib gw gimana ntar kalo PPL~ semangat senpai!

    ReplyDelete
  4. Nachan>> Ru lebih suka pas ngisi jam kosong daripada bengong di ruang BP. Abis bisa sambilan ngobrol sama anak2nya. Tapi males juga kalo masuk kelas yang 'siiiiiing'... ==;

    Mamah>> Nggak ko. Anak2nya emang terkesan brandalan, tapi pada sopan2 kok..

    Lans>> He-eh. Wkwkwk... (brusaha) nikmatin aja deh.. XP

    ReplyDelete