Monday, December 7, 2009

Tentang Noken kemaren...

Halo semua yang ikutan noken kemaren. Gimana kesan2 nya? Wkwkwk...
Tadi sensei nanya gitu deh pas lagi belajar bunpou. "Gimana kemaren?"
Dan seisi kelas cuma ketawa getir. Wkwkwk.. Yang ngambil level 2 khususnya, pada bilang susah. (iyalah! Kalo di kelas Ru ada yang bilang gampang, Ru tendang! *barbar mode: on*) Terus, Sensei nanya gitu yang paling susah apa.

Ru mau jawab moji-goi, eh, yang laen kompak jawab dokkai. Huh?
Menurut Ru sih, yang jadi masalah di dokkai itu tulisannya panjang2 padahal waktunya nggak terlalu banyak. Kalo waktunya banyak, mungkin masih bisa dipahamin. Ru sendiri baca wacana2nya cuma sekedar selewat doang sih. Paling wacana2 pendek doang yang dibaca ampe abis.

Terus, setelah dokkai, kata mereka yang susah itu choukai. Haaaa??
Ru malah paling cinta choukai. Paling bisa diandelin deh. Emang ada beberapa kata yang nggak Ru ngerti jadi agak nebak-nebak gitu. Tapi lumayan kok..

Kalo moji-goi, kata mereka kira-kira setara sama bunpou. HAAAAAAAAHH????
Moji-goi setara ama bunpou????!!! Menurut Ru itu bagaikan langit dan bumi! *lebay mode: on*


Kalo bagi Ru, tinggat kesulitannya itu:
1. Moji-goi
2. Dokkai
3. Bunpou - Choukai

Dari dulu Ru paling lemah masalah moji-goi. Khususnya moji. Secara kanji gituuuh. Ru paling payah deh kalo masalah kanji. Huhuhu...
Jadi inget, waktu itu Ru pernah chat ma orang Cina, ngomongnya pake bhs Jepang. Dia nanya Ru ngambil noken level berapa kemaren. Pas Ru jawab 3, kata dia "kenapa nggak sekalian 2 aja? Pasti bisa deh." Ngacooooo~~
Udah gitu dia bilang dia paling bisa moji-goi. Ya iyalah~ situ uda biasa ketemu kanji begituh... Jadi paling nggak gampang ngebedain kanji-kanji yang mirip. ==;

Sensei bilang moji-goi tuh penting. "Kalo kosakata nggak banyak, walaupun bunpounya bagus, nggak bisa ngomong kan?"
Uuh, Sensei! Kenapa bukannya "Kalo nggak bisa ngerti apa yang diomongin mereka, nggak bisa jawab kan?" gitu sih?
Kan kalo kosakatanya terbatas, masih bisa diubah pake kosakata gampang ato kalo ada kosakata yang nggak dimengerti tinggal nanya ke orang itu, minta dijelasin pake kosakata yang lehbih gampang. Kalo misalnya bener-bener nggak nangkep maksud pembicaraan, justru nggak bisa ngomong kan?
Paling-paling Ru bakal sering nyasar kalo ke Jepang gara-gara nggak bisa baca kanji. Wakakak...

Oia.. besok kuis kanji!! Yabaaiii~
Udah ah, mesti belajar.
Ja ne~

11 comments:

  1. wah, kanji....bener-bener deeehh...
    apa mau dikata, demi jepang kanji pun akan kulahap..
    ahahahahaha.....
    \(@ @)/

    ReplyDelete
  2. Iya kan? Kanji paling susah kan??
    *minta dukungan, maksa*

    ReplyDelete
  3. semoga hasilnya memuaskan :D saya si kaga ngarti yay!

    ReplyDelete
  4. nee chan nya Yura jg kmaren tes noken. hahha.
    ganbatte ne Haruna san!

    ReplyDelete
  5. um plg susah dokkai.. Dx dan plg gmpang justru choukai. Demo.. Huwaa ak nglakuin kslahan bdoh d moji.. TxT btw ru nee nikyuu y? o.o sugee.. smg lulus x3o

    ReplyDelete
  6. Tami ikut juga?

    Kalo aku kemaren ngerasa susah di dokkai. Soalnya udah paling terakhir, ga konsen juga soalnya ngantuk n belum sarapan, hahahaha. Yap, paling gampang choukai. Tapi aku ikut yang level 3 sih...

    Semoga sama-sama lulus

    ReplyDelete
  7. Wah moga sukses ya sis! :D

    ~GanBachon ♥ X)

    ReplyDelete
  8. @riri:iy gw ikud x) th kan plg susah dokkai n plg gmpang choukai xD *tos*

    ReplyDelete