Friday, August 1, 2008

Manfaat Membaca; Semua Orang Bisa Berubah

Er..maaf klo bikin salah paham gara-gara judul jurnalnya. Itu maksudnya bukan 1 kalimat lho. Tapi Ru mau ngomongin 2 hal itu. Hehehe…  Abis bingung nulisnya.. ;p

Oia, kmaren itu Ru rapat dari jam 10-12.30 terus disuru ikut pelatihan tentang mentoring dari jam 13-16.30. Abis itu ampe rumah hampir maghrib, trus pas maghrib ada acara pengajian sama keluarga besar. Sebenernya sih pas di kampus (pas rapat) sempet pengen OL  diem2, tapi emang kayaknya nggak direstuin, GPRS nya nggak nyambung2.. Jadinya nggak OL deh.. ;p

Ternyata Orange segitu kangennya sama Ru… Hihihi… *digetok*

 

Manfaat Baca

Ru uda hampir setaun ini jarang banget baca buku. Padahal dulu Ru dikenal sebagai kutu buku lho! Yah, tapi yang Ru baca biasanya cuma komik, novel, & sedikit buku-buku nonfiksi sih (biasanya tentang pengembangan diri). Sekarang, Ru mau ngomongin manfaat baca buku, soalnya Ru baru sadar (lagi) tentang manfaat baca buku. Ini beberapa manfaat baca yang Ru tau (terutama buat Ru sendiri)…

1.       Nambah wawasan; iya kan? kalo baca, meskipun baca komik, biasanya kita bakal dapet pengetahuan baru. Tentang apa aja deh! Ru juga sering banget dapet pengetahuan dari baca komik. Contohnya aja, waktu Ru belum blajar bahasa Jepang, pas Ru baca Bakabon, Ru jadi tau kalo pelukis itu bahasa Jepangnya ‘gaka’, terus kalo bodoh itu ‘baka’. Hwehehe…

 

2.       Jadi nggak gampang lupa; kalo teori yang satu ini sering Ru baca dari buku-buku, terutama buku tentang membaca. Dulu Ru mikir, emangnya bener? Tapi sekarang Ru percaya banget sama teori ini. Soalnya, sejak Ru jarang baca buku, Ru yang tadinya gampang banget nginget sesuatu, sekarang jadi gampang pikun. Hiks… Katanya sih, itu karena kalo kita baca buku (khususnya buku yang bukan komik) otak kita kerja buat ngolah kata-kata supaya kita bisa ngerti. Jadinya, baca itu latihan buat otak juga… Tapi kalo komik, biasanya imajinasi kita udah dibatasin sih. Kita nggak perlu ngebayangin lagi, tinggal liat gambar….

 

3.       Nambah IQ & SQ; klo nambah IQ, itu kayak yang dibilang K’Archan (orang yang ngasih motivation training yang Ru certain itu). Mungkin ini berhubungan ma yang Ru bilang tadi juga, kalo otak kita jadi kerja pas kita baca. Tapi Ru pikir baca nggak cuma ningkatin IQ aja, tapi SQ juga! Terutama kalo baca buku-buku agama tentunya. Dari kmaren, Ru mulai baca buku lagi. Dan waktu Ru baca buku agama, emang rasanya lebih termotivasi buat jadi lebih baik. Terus, baca buku malah bikin Ru jadi pengen tau lebih banyak lagi. Dan khusus masalah Ru, Ru jadi makin cinta sama Islam! :D

 

4.       Nambah kosakata; Ru itu dari dulu pengen banget jadi penulis. Dan Ru akhir-akhir ini sadar, kayaknya kalo baca itu pengaruh banget sama nulis ya? Soalnya, sejak Ru males baca, Ru juga jadi males nulis. Dan yang paling penting lagi, waktu Ru mau nulis, Ru justru sering bingung nentuin kalimat yang pas. Soalnya kalo baca, Ru pasti dapet kosakata baru, jadi Ru nggak kebingungan nentuin kata-kata yang paling cocok buat ngegambarin yang Ru pikirin.

Mungkin manfaat baca yang Ru tau cuma sedikit, tapi Ru yakin masih banyak banget manfaat baca yang lain. Karena itu, mulai sekarang Ru mau mulai banyak baca lagi!!

 

Semua orang bisa berubah

Dari kemarin-kemarin, Ru sering banget ketemu sama orang-orang yang pernah bikin Ru kecewa, ato pernah bikin Ru sebel. Dan walopun Ru uda lama nggak ketemu sama mereka, waktu Ru ketemu lagi sama mereka, masih ada perasaan sebel aja. Tapi, waktu acara motivation training minggu lalu, ada kalimat yang bener-bener ninggalin kesan buat Ru. Waktu itu K’Archan & Ibu Is (pembimbing Rohis) berkali-kali bilang “Semua orang bisa berubah.”

Waktu Ru pertama kali denger kalimat itu, Ru langsung mikir, ”Iya, Ru tau banget kalo semua orang bisa berubah. Ru sendiri juga uda mutusin kalo Ru mau berubah jadi lebih baik lagi. Tapi…” Ru langsung ngelirik ke orang-orang yang pernah bikin Ru kecewa. Ru sadar banget kalo mungkin aja mereka juga uda berubah juga! Mungkin mereka sekarang uda nggak nyebelin, uda nggak lagi ngelakuin hal yang pernah bikin Ru kecewa…tapi tetep aja ada masih ada rasa sebel di hati Ru.

Tapi, sekarang, tiap kali Ru ketemu mereka lagi, Ru pasti selalu ngucapin kalimat “semua orang bisa berubah” ke diri Ru sendiri. Dan perasaan sebel Ru biasanya berkurang. Dan semoga aja, lama-kelamaan Ru bisa ngeliat perubahan di orang-orang itu yang bikin Ru ngerasa yakin kalo mereka emang betul-betul udah berubah.

Nyaa~ Nagai yo ne.. Hihihi… jadi malu….

Sekarang Ru mau kliling2 dulu, ah. Nggak tau Ru bakal OL lama ato nggak. Tapi kalopun sebentar, mungkin nanti Ru bolak-balik OL lewat HP, daripada Orange kangen… Hehehe… XP  Ah, tapi HP Ru agak eror gitu dari tadi pagi! Sering nge-hang ato pas lagi ngetik sms, tiba-tiba keypad nya gerak sendiri ke kanan nggak bisa brenti T_T

Yawdalah.. Jya, nyaa~ (=^ω^=)

44 comments:

  1. Heeee....ternyata Ru bisa sakit hati juga ya.......*digaplok*

    Percayalah setiap orang pasti bisa berubah kejalan yg lebih baik lagi dari sebelumnya.......^^

    ReplyDelete
  2. Ng...orang2 yang bikin Ru kecewa itu nggak ampe bikin Ru sakit hati sih. Jarang ada orang yang bikin Ru ampe sakit hati. Klo pun ada, Ru uda lupa. Ada sih yang Ru inget atu orang, tapi uda Ru maafin coz dia uda mau jujur sih..
    Cuma kebanyakan dari mereka (nggak cuma 1) tu bikin Ru kecewa karena waktu ptama kali Ru liat mereka, Ru kagum ma mereka, tapi ternyata mereka..... ya gitu deh. Makanya, Ru skarang slalu mikir "mungkin mreka emang uda berubah. Uda lebih baik."

    ReplyDelete
  3. Hoooo...........^^

    Semangat...........^^

    Saya salut ama orang yg g mudah sakit hati....terus ditingkatkan...saya cinta ama orang yg sabar.......^^

    ReplyDelete
  4. Hihihi.. aku tu emang tmasuk orang yang sabar klo ma orang lain, tapi coba klo ma ade2 ku yang hiperaktif, usil, tapi males2 itu.. Hh... bisa2 aku omelin tiap hari... T_T

    ReplyDelete
  5. iya-iya...skarang lans mulai jarang baca buku lagi,gara-gara ada banyak dvd yang belom ditonton,,,:b hah....jadi pengen baca buku lagi,makasi Ru

    ReplyDelete
  6. Sama2 ^0^
    Ru juga masih banyak dvd yang blon ditonton tuh.
    Tapi skarang pengen baca buku dulu XD

    ReplyDelete
  7. RUUUUCHYAAAAA~AAAANNN~!!! TTT^TTT

    Ooo, itu alasan dirimu tak kasi kabaar~ *manggut2*

    Okaeri~ ^_______^

    ReplyDelete
  8. Hehe.. sou yo.

    Tadaima..
    (Lho? emang aku dimana? ^^;)

    ReplyDelete
  9. Disinilah tempatmu seharusnya berada. Hohoho~

    Ruchan ngomongin soal pembohong, saya tersindir TT^TT

    ReplyDelete
  10. hahaha.. nggak ngomongin kamu kok :p

    Itu lho.. yang kamu salah ngartiin soal cheat jadi selingkuh.. T_T

    ReplyDelete
  11. Huff~ syukurlaaah bukan sayaaa~aah ^O^

    Hm, hm, yg namanya TEMAN itu makhluk yg rumit.. *angguk2*

    ReplyDelete
  12. apa dia temanku? hh..susah diungkapkan..
    Sebetulnya, aku malah nganggep dia ade-ku, tapi dia malah boong.
    Alhamdulillah sih akhirnya dia mau jujur. Tapi sejak itu, kita uda jarang banget kontak2an deh...

    ReplyDelete
  13. Hoo

    Boongnya bohong gimana? Menyangkal sesuatu, mengatakan sesuatu, melakukan sesuatu? @,@

    ReplyDelete
  14. bohong yang banyak skali...
    well, sebenernya dia temen nge-net. Dia ngaku jadi 2 orang: 1 dirinya sendiri, 1 lagi cowo jepang
    dan setelah ngobrol2 ma si 'cowo jepang', aku uda nganggep dia ade
    lama2 aku uda curiga klo cowo jepang ini sama kya temenku itu, tapi aku tetep nunggu supaya dia sendiri yang jujur ma aku.
    Tapi ternyata...dia nggak jujur-jujur sampe masalahnya smakin rumit & nyebelin.
    Dan akhirnya aku bener-bener sebeeeeelll banget ma tu orang, ampe aku nangis pas bulan puasa taun lalu (padahal lagi puasa, tapi betul2 nggak bisa nahan tangis!)
    Dan aku mulai ngelupain masala itu.
    Terus, beberapa bulan yang lalu, aku sms temenku itu, minta kejelasan soal masalah waktu itu.
    Dia akhirnya jujur. Sebenernya sih aku mau aja deket lagi ma dia, secara dulu aku sempet sayang banget ma dia nganggep dia ade. TAPIIII...ngeliat cara ngomongnya dia yang kesannya nggak ada nyesel2nya, aku jadi males.
    Jadi skarang jarang kontak2an lagi deh....

    Lho, kok jadi curhat?? ^^;;;

    ReplyDelete
  15. Hm..Seperti yg saya bilang di PM kita, saya diajari permainan dunia maya dari seorang teman. Dia punya ampe 3 akun di tiap komunitas net yg dia ikutin, 1 jadi orang baik pendiem, 1 jadi orang ngasal kocak, 1 jadi orang jutek dingin.
    Dari sisi dia, dia blg seru bgt. Ya saya ngga ngerti apa2 karna orang baru di dunia maya. Dulu saya taunya fs doang TT^TT

    Tapi setelah denger kisah Ruchan, hm, saya jadi mikir, Hal begitu bisa nyakitin orang...

    Turut berduka...

    ReplyDelete
  16. @Ru: Sabar ya............^^

    Ada orang yg kayak gitu juga ya............^^;;

    @Orange: Koch sekarang ak duka ngekorin Orange ya*dikemplang*

    Hmmmm....bisa yach...beda2in disetiap accound.......^^;;;;

    ReplyDelete
  17. Sbtulny si pas awal2 aq btul2 ga kbratn klo dia lngsng ngaku. Toh aq jg uda curiga. Tp krn dia kya ga nyesel sama skali,aq jd males brurusn ma dia lg.

    ReplyDelete
  18. Sbtulny si pas awal2 aq btul2 ga kbratn klo dia lngsng ngaku. Toh aq jg uda curiga. Lgan aq tipe org yg gmpng maafin org laen ko..
    Tp krn dia kya ga nyesel sama skali,aq jd males brurusn ma dia lg.

    ReplyDelete
  19. Yukichan=> Yuujinchan mana ya? Pengen usilin dia lagi dengan ber-yuri ria *disambit karna OOT*

    Hm, si temen saya itu aslinya periang+humoris dan agak gebleg, makanya pas jadi pendiem atau pas jutek ya dia bisa2 aja ekting. Dia emailnya byk, jadi bisa punya byk akun..
    Tapi untungnya ga pernah bikin orang sakit ati (dia ngakunya gitu =.=)

    Ruchan=> Kamu curiganya gimana? Dia nyadar ga dicurigai? Udah berapa lama deketnya? Berasa ga nyeselnya dia gimana? @,@

    ReplyDelete
  20. Ng,curigany soalny bhs Jpn mrk sm2 cm tw dikit doank. Pokony byk d yg bikin aq curiga. Kyany c dia g ngrasa dicurigain d.. Ng,aq dktny c skitr 2 bln kli..
    Iya,jd ntu aj aq yg msti 'nembak' dia,minta pnjlasan & dia ya cm jwb aja,g minta maaf,cm bilang "aq kra km ud g mw ngmng ma aq lg sjak 'kasus kotor' itu"
    Weks,dia yg bilang ksus kotor,bkn aq. Tp dia g minta maaf.. T.T

    ReplyDelete
  21. @Orange: Kau tuch ya....jangan nyariin Yuujin terus....cukup mikirin sayah ajah.....*dikemplang*

    @Ru: Sabar ajah.....saya juga kurang suka ama orang g jujur.........^^;;;;

    ReplyDelete
  22. Y,bgitulah..
    Udahlah,udah! Np jd ngomongin ini c? ^_^;;

    ReplyDelete
  23. Ayo ganti topik............^^

    Tapi saya bingung mau ngomongin apa..........^^;;;

    ReplyDelete
  24. Er.. Ap y? Tak tw jg.
    Btw, comment ttg org itu aq apus aj yh. Mls ingetny.. =.=

    ReplyDelete
  25. Silahkan dikau khan yg punya multi....kaulah yg berkuasa.........*glundungan*

    ReplyDelete
  26. Inspiring!!!! Gomen baru bales.. malah Zuna baru nyadar kalo Zuna melewatkan journal Haruna yang ini =p

    Un... bener banget kata Haruna, semua orang bisa berubah. Zuna inget dan kadang menyesal pas Zuna menceritakan hal jelek ttg orang lain, mgkn aja sekarang dia uda berubah kan.. .Makasih banget ya...

    Un, masalah baca buku bener banget semuanya... kecuali menambah ingatan! Zuna justru malah orangnya cepet lupa, mgkn krn banyak mengingat pas kecil trus, skrg jadi gini deh ehhee... Suka banget baca buku namun buku sekarang mahal TT^TT

    ReplyDelete
  27. Ruchan+Yukichan=> Gomee~eenn! >_____< saya ketiduraaa~aan~!
    Waw, jadi slonong girl kayak yukichan niy *digantung yukichan*

    ReplyDelete
  28. Zuna>> sama2.. Kdng2 aku jg msh suka mikir bgitu ko.. T.T

    Hee? Gampang lupa? Aneh. Soalnya klo yg satu itu aku dpt dri buku. & aku btul2 ngrasa bgt klo smakin jrng aku baca buku akhir2 ini,aku jd makin pelupa..

    Iya..Buku makin mahal. T.T

    Orange>> julukan slonong girl pindah ni k Orange!

    ReplyDelete
  29. stuju sama manfaat bacanya~!!!!

    myu,, gomen,,gomen,,gomen,,,,, (_ _)
    gomen klo udh bkin neechan sebel, gomen,, gomen,,,,,,,,,,

    ReplyDelete
  30. Ruchan=> Tidak. Jangan samakan aku dengan dirinya. *nyanyi Semua Tak Sama-Padi*

    ReplyDelete
  31. Kirichan=> Tenaa~aan, Ruchan pemaaf kok... Tendang ke empang coba, pasti dimaaphin kok ^______^ *dibakar Ruchan*

    ReplyDelete
  32. *tendang Orange ke empang*

    Tnang, Fiki-chan, kamu nggak pernah bikin aku sebel kok.. ^-^

    ReplyDelete
  33. oren => *ngakak glundungan* ogah ah, ntar di damptrat ama neechan,, xD *ngabur*

    neechan => tapitapitapi~
    gomennnnnnn....... abis kyaknya akhr-akhr ini aq nyebelin, suka seenak jidat sdiri,,
    maklum,, xD

    ReplyDelete
  34. To-Toloo~oo~ng~!! Saya ndak bisa renaaang!!
    Kirichaaa~aan! Tasuketee~!

    ReplyDelete
  35. *cuekin Orange*

    lha, mank akhir2 ni kamu seenak jidat knapa?

    ReplyDelete
  36. @Haruna: Iya? XDDD Maklum, berarti Zuna adalah "produk" gagal dari manfaat membaca XDDD Zuna bener2 punya bad memory ehehe =3

    @Orange: *ngeliation Orange yang tenggelem dengan tampang innocent* XDDD

    ReplyDelete
  37. *ditolongin tukang sayur yg kebetulan lewat*

    Te-teganyaa~ TT^TT *basah kuyup*

    ReplyDelete
  38. *ngakak* Bercanda2.. Orange Chan^^ *usep2 palak*

    ReplyDelete
  39. haduh,, kasian oranchan,,,
    *ngliatin smbil nmakan snek*

    ru nee => um gak papa, aq sh ngerasa kyak gt akhr2 ini,
    emang gak yh?

    ReplyDelete
  40. Ng.. *mikir*
    kyanya nggak tu..
    Ga tw d klo ma org laen..

    ReplyDelete
  41. *nangis dipelukan zunapyon*

    kiripyon=> Dasar kau =.=##

    Rupyon=> Lagi 'bebas' niy XD tmn2 lagi masak. Dan karna saya dilarang keras masuk dapur, jadi santai nonton tv sambil ngenet di hp XP

    ReplyDelete
  42. sou ka, yokatta dh,, mksih neechan~
    *hugs*

    oran => hwehehe,, jd pngen malu,, xD

    ReplyDelete